Bencana Puting Beliung Kabandungan Puluhan Rumah Rusak, BPBD: Warga Jangan Panik Tapi Tetap Waspada

BPBD
PLT Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Maman Suherman

Terkini.id, Sukabumi – Musibah Puting Beliung yang menimpa warga Desa Tugubandung Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat mengakibatkan puluhan rumah warga rusak, Jum’at 30 Oktober 2020.

PLT Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Maman Suherman mengatakan pada sukabumi.Terkini.Id, melalui sambungan Whatsappnya bahwa warga yang terdampak sudah langsung dibantu oleh pihaknya berupa sembako dan terpal untuk menutup rumah sementara.

Bencana Puting Beliung Kabandungan  Puluhan Rumah Rusak, BPBD: Warga Jangan Panik Tapi Tetap Waspada

“Sudah langsung kita bantu berupa sembako dan terpal untuk menutup rumah sementara ini,” ungkapnya.

Lanjut Maman, pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin dan untuk selanjutnya akan dibahas bersama pihak terkait rencana kedepannya untuk wilayah korban bencana puting beliung di Kabandungan Sukabumi.

“Untuk langkah sementara sudah kita lakukan, selanjutnya kami akan bahas dengan bersama pihak terkait lainnya untuk penanganan selanjutnya,” katanya. 

Maman juga menceritakan kejadian musibah yang disebabkan hujan deras serta dibarengi Angin Puting Beliung terjadi pada Hari Kamis 29 Oktober 2020 Pukul 16.30 WIB.

“Bencana angin puting beliung tersebut terjadi di empat kedusunan Desa Tugubandung Kecamatan Kabandungan ada sekitar  3 rumah rusak berat, 22 rumah rusak sedang dan 60 rumah rusak ringan,” terangnya.

Masih kata Mamah, ada beberapa pasilitas umum juga yang terkena dampak bencana Angin Puting Beliung diantaranya; masjid dan sekolah serta fasilitas umum lainnya yang terkena dampak.

Maman berharap, warga masyarakat jangan panik dan tetap waspada terlebih sekarang ini sudah masuk musim hujan. 

“Memasuki musim penghujan dihimbau kepada seluruh warga masyarakat terutama yang ada di daerah rawan bencana banjir, longsor dan pergerakan tanah dimohon untuk senantiasa waspada dan hati hati, serta kenali tanda tanda bencana,” himbau Maman. 

Untuk daerah Bencana Puting Beliung di Kabandungan ini, posko diserahkan kepada Pemeritah Desa setempat dan Kecamatan serta di bantu oleh BPBD dan Tagana.

“Warga masyarakat yang rumahnya terdampak bencana Puting Beliung untuk sementara memilih mengurangi di rumah sanak saudaranya,” pungkanya. 
(ARS) 

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Apdesi Sukabumi Jelaskan Kronologis Vidio Viralnya dan Sampaikan Permohonan Maaf

Ketua PW GNPK RI Jabar Angkat Bicara Soal Vidio Viral Apdesi Sukabumi

Beni Irawan Ketua Apdesi Cianjur Terbuka Untuk LSM dan Media Sebagai Mitra Kerja Profesional

Gapura Tanggapi Vido Viral Apdesi Kabupaten Sukabumi

Babinsa Koramil 2214 Surade melaksanakan Pendampingan Pendistribusian BPNT di Wilayah Kecamatan Waluran

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar