Puting Beliung Amuk Puluhan Rumah Warga Kabandungan Sukabumi. Camat: Rumah Warga Banyak Yang Rusak

Terkini.id, Sukabumi – Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat sedang berduka di hantam Puting Beliung. Puluhan rumah warga jadi amukan angin puting beliung, Jum’at, 30 Oktober 2020.

“Kejadian musibah yang disebabkan Angin Puting Beliung terjadi pada Hari / Tgl : Kamis, 29 Oktober 2020 Pukul 16.30 WIB, sekarang saya juga lagi di lokasi meninjau langsung keadaan warga saya,” kata Nanang Sukandi selaku Camat Kabandungan melalui sambungan Whatsappnya.

Sambungnya, seperti yang sudah banyak di informasikan bahwa lokasi yang terdampak musibah Puting Beliung tersebut adalah Kampung Tugu RT 004/002. Kampung Cicadas RT 01,02,03,04,/04. Kampung Kaladi I RT 001/005. Kampung Kaladi II RT 001,002/006 Desa Tugubandung Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Jalan Jajaway yang Ambals Diperbaiki PU dan Polres Sukabumi Jelang...

“Dari data informasi sementara 1 luka ringan atas nama Bp Emid Kampung Tugu RT 006/002 Desa Tugubandung Kecamatan Kabandungan,” jelasnya. 

Telah terjadi hujan lebat beserta angin kencang yang akhirnya menhancurkan rumah-rumah warga pada hari Kamis tgl 29 Oktober 2020 sekira Pukul 16.30 WIB.

Poto Ist. Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat sedang berduka di hantam Puting Beliung. Puluhan rumah warga jadi amukan angin puting beliung

Baca Juga: Ini Salah Satu Alasan Penolakan Terhadap RUU Omnibus Law Kesehatan...

“Musibah tersebut menimpa rumah warga di 4 (empat) kedusunan di wilayah Desa Tugubandung, dan ada juga kandang usaha ayam miilik warga yang rata dengan tanah,” bebernya. 

Nanang Sukandi juga berharap, bahwa kita semua jangan panik, tetap tenang namun waspada. Karena ini sifatnya bencana alam. 

Bagi yang rumahnya kena amukan puting beliung mereka untuk sementara mengungsi di rumah saudaranya. 

Baca Juga: Ini Salah Satu Alasan Penolakan Terhadap RUU Omnibus Law Kesehatan...

“Ada sekitar 61 rumah warga yang terkena amukan putin beliung, masjid dan sekolah serta fasilitas umum lainnya,” terangnya. 

Ada sekitar 150 orang relawan yang dipimpin  BPBD disini Tagana dan Relawan yang berada di wilayah Kecamatan Kabandungan.

“Para relawan juga ada sekitar 150 orang yang dipimpin langsung oleh BPBD disini, kami harap warga tetap tenang dan jangan panik,” harapnya.

Pihak Kecamatan bersama berbagai unsur elemen warga masyarakat dan berbagai relawan diantaranya TAGANA Kecamatan Kabandungan, FKLD, P2BK, SAHABAT TAGANA, SARDA dan Pemdes Tugubandung bersama kami  melakukan assesment ke lokasi kejadian.

“Alhamdulillah dari BPBD, BABINSA, Babinkamtibmas, Satpol-PP, TAGANA, P2BK, TRC, FKLD, dan RELAWAN BENCANA lainnya membantu kami disini,” ucapnya. 

Pihaknya sekarang lagi kordinasi terus dengan berbagai pihak terkait dan terus melakukan update informasi ke tingkat kabupaten.

“Kami terus kodinasi dengan berbagai pihak, dan update informasi ke tingkat kabupaten, semoga musibah ini tidak terulang lagi, dan ini semua bisa secepatnya teratasi,” pungkasnya. 
(ARS).

Bagikan