Setelah Tanggal 27 November 2020 Puskesmas Cikakak Kembali Buka Pelayanan Normal Kembali

terkini.id, Sukabumi – Untuk sementara selama tanggal 19 sampai dengan 27 November 2020 pelayanan di Puskesmas Cikakak di batasi sesuai pengumuman yang di pasang oleh pihak Puskesmas Cikakak. Namun setelah itu pelayanan normal kembali. 

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Puskesmas Cikakak, bahwa pengumuman tersebut sudah disampaikan kepada pihak-pihak terkait seperti laporan ke Satgas Kecamatan, Kamis, 19 November 2020 meliputi Pak Camat, Pak Kapolsek, Pak Danposramil, Bu Sekmat, Bapak/ Ibu Kepala Lintas Sektoral Kecamatan dan Bapak/Ibu Kepala Desa sewilayah Kecamatan Cikakak. 

“Terhitung dari tanggal pengumuman itu, kami lakukan kontak tracking paparan kasus, pemutusan mata rantai pemaparan dan  sterilisasi gedung puskesmas dengan disinfectan rutin selama  8 hari 19 s/d 27 November 2020,” ungkap Gunarhyari selaku Kepala Puskesmas Cikakak, melalui sambungan Whatsapnya, Kamis, 26 November 2020.

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Polsek Cikakak Monitor Kegiatan Vaksinasi Di Sekolah MTs Ash-Shobariyah...

Masih menurutnya, hal tersebut dilakukan sehungungan bertambahnya kasus konfirmasi Covid-19 dan kontak erat diwilayah kerja Puskesmas Cikakak.

Maka dengan itu ada perubahan sementara pelayanan rutin tersebut, antaralain;

Baca Juga: Tips Sederhana Jaga Kesehatan di Musim Hujan Ala Dwi dari...

1. Pelayanan umum pada jam kerja masih berjalan seperti biasa (08:00-14:00 WIB)

2. Pelayanan IGD kegawat daruratan hanya dapat melayani di jam kerja (08:00-14:00 WIB) untuk sementara tidak 24 jam

3. Pelayanan persalinan hanya dilaksanakan pada jam kerja (08:00-14:00 WIB) untuk sementara tidak 24 jam. Adapun secara urgensi pelayanan persalinan di luar jam kerja diarahkan ke puskesmas Cisolok dan puskesmas pelabuhanratu.

Baca Juga: Ki Paku Buana Pamungkas Pendiri Persatuan Indonesia Nuswantara Beri Dukungan...

4. Untuk pelayanan Pustu dan Poskesdes tetap berjalan sebagaimana mestinya, kecuali pustu dan  poskesdes Desa Margalaksana, kami mohon agar kunjungan berobat masyarakat agar diarahkan ke Desa Sirnarasa dan Cileungsing.

5. Pelayanan penimbangan posyandu masih dapat dilaksanakan, Kecuali Desa Margalaksana dan Sesa Cimaja diundur sesuai dengan kesepakatan desa, kader & bides.

“Semoga warga masyarakat Cikakak memaklumi dengan perubahan pelayanan yang sudah berjalan. Dan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kekurangan dari kami,” uacpnya lagi dengan bijaksana.

Setelah Tanggal 27 November 2020 Puskesmas Cikakak Kembali Buka Pelayanan Normal Kembali

Gunarhyari juga memberikan pencerahan kepada warga masyarakat Cikakak. Bahwa, kita tidak perlu takut ketika tahu ada pasien konfirmasi Covid-19 dilingkungan kita, karena setiap pasien konfirmasi Covid-19 yang sudah ditangani itu sudah pasti telah diberikan protokol dan rambu-rambu agar tidak terjadi penyebaran secara luas.

“Akan lebih baik, jika masyarakat fokus terhadap protokol 3M untuk melindungi diri sendiri dan keluarga, karena orang-orang yang belum terdeksi lebih berbahaya dalam artian kita belum tahu riwayatnya,” jelasnya. 

Dirinya juga menambahkan, bahwa untuk nakes yang terkonfirmasi di Wilayah Cikakak setelah di periksa intens oleh Team Medis dinyatakan sembuh dan infecsious virusnya kemungkinan sudah tidak dapat menularkan lagi.

“Namun begitu masih ada 1 orang bakes yang menjalani Isolasi Ketat,” bebernya.

Lanjut dia, kita sebagai Bangsa yang terkenal dengan kekeluargaan dan gotongroyong harus peka terhadap permasalah Pandemi Covid-19.

Perlu bagi masyarakat untuk menambah wawasan dan menyaring setiap informasi dengan bijak, agar tidak terjadi mis komunikasi yang menjadi asumsi berlebihan yang mengakibatkan faktor-faktor dikriminasi dan pengucilan yang akhirnya  memutuskan tali silaturahmi yang selama ini menjadi sebuah kebanggaan bangsa kita. 

“Perlunya kerjasama antar seluruh elemen warga masyarakat dan pemerintahan dalam masa Pandemi ini, selain untuk upaya pencegahan, agar  tetap menjaga nilai-nilai budaya kita agar tidak terpecah belah,” harapnya. 

Lebih lanjut, dirinya meyakinkan warga bahwa tidak perlu takut apalagi saling menyalahkan dan saling curiga, karena tidak dapat kita pungkiri bahwa Virus Covid-19 ini sudah dekat dengan kita, maka dari itu perlu bagi masyarakat untuk melaksanakan seluruh anjuran protokol khususnya dalam menjaga diri dan keluarga  dengan 3M , PHBS dan kebersihan lingkungan.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Cikakak diantaranya adalah:

1. Apabila kita sudah terbiasa dengan protokol pencegahan (3M) tidak perlu lagi panik akan penyebaran Covid-19 ini, karena penyebaran virus dengan basic human to human tidak dapat dicegah dengan kondisi budaya ketimuran kita.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh, karena imun kita adalah anugerah yang perlu kita tingkatkan melalui konsumsi makan-makanan bergizi, vitamin, buah dan sayur dan beraktifitas fisik / olah raga serta istirahat yang cukup. 

3. Sikap dan perilaku panik atau parno dapat menurunkan imun dan akhirnya membuka peluang bagi penyakit masuk kedalam tubuh kita.

4. Meningkatkan Iman dan Taqwa, Percaya akan adanya pertolongan dan perlindungan Allah, Allah yang menciptakan penyakit, kita hanya berusaha untuk mencegahnya melalui anjuran dan himbauan melalui kajian para ahli medis dan pemerintah. Kita tidak perlu berkeluh hati apalagi sampai berputus asa.

“Setelah tanggal 27 November 2020, Puskesmas Cikakak kembali melakukan Pelayanan Normal dengan tetap jalankan protokol kesehatan ketat,” terangnya lagi. 

Warga masyarakat bisa menghubungi team Tim Siaga Tingkat Puskesmas Cikakak sebagai berikut:

Untuk update data perkembangan Covid-19 dapat menghubungi 
Pak Lingga Bayu Puskesmas Cikakak? 

Untuk koordinasi penemuan kasus di lapangan serta pelayanan Darurat Covid-19 agar menghubungi Pak Yanyan Puskesmas Cikakak?.

Untuk pengarahan kegiatan bersifat preventif dan promotif agar menghubungi pak Yudi Kris Puskesmas Cikakak?.

Untuk upaya pelayanan persalinan dengan protokol Covid-19 agar menghubungi Bu Hj. Ai Puskesmas Cikakak?.

Untuk Call Center bisa hubungi:
Lingga Bayu : +62856-5952-2418
Yanyan : +62 857-2478-1484
Yudi Krisyanto : +62 815-4637-640

“Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, mohon maaf apabila terdapat kekurangan,” pungkasnya. 
ARS. 

Bagikan