Ditengah Pandemi Ade Pete Budidaya Cissus Javana Sebagai Tanaman Hias dan Obat Herbal

Terkini.id,- Sukabumi – Dengan tekun Ade Sutisna pria yang akrab disapa Ade Pete ini membudidayakan jenis tanamam hias Cissus Javana atau yang populer dengan sebutan Sirih Kraton, Rabu, 02 Desember 2020.

“Beberapa bulan ini banyak permintaan untuk jenis tanaman Cissus Javana atau Sirih Keraton ini. Biasanya dikirim ke Jakarta ada juga  konsumen dari berbagai daerah lain,” Ungkapnya.

Ade Pete menambahkan. Bahwa awalnya dirinya tidak tahu kalau tanaman ini punya nilai ekonomi.

Baca Juga: Anggota Koramil 0622-06/Parakansalak Tingkatan Kepedulian Lingkungan Dengan Gotongroyong

“Setelah saya nanam dalam pot, teurus kita perbanyak tanam dalam polibak, ternyata setelah tumbuh, banyak yang beli dan pesan,” bebernya. 

Didepan pekarangan rumahnya terlihat beberapa jenis tanaman hias lokal seperti berbagai jenis keladi, anggrek, Bokor dan lainnya. 

Baca Juga: PKM Girijaya Datang Langsung ke Target Sasaran Vaksinasi

“Ditengah Pandemi Covid-19 ini, Alhamdulillah, asal kita selalu ada ide, terus dijalankan inovatif dan kreatif pasti ada hasilnya,” jelasnya. 

Banyak tanaman hiasnya yang diboyong kejakarta, mereka biasanya datang sendiri kerumahnya.

Bibit Cissus Javana atau Sirih Kraton

“karena permintaan makin banyak, saya terus nanam sebagai bibit, karena selain yang sudah rimbun, bibitnya pun banyak di cari,” jelasnya lagi. 

Baca Juga: Koramil 0622-04/Cikidang Bantu Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Cikidang Sukabumi

Lebih lanjut Ade Pete menerangkan, bahwa tanaman ini sifatnya merambat bisa di tanam pake pot gantung dan juga bisa di tanam pake pot biasa dengan dikasih media bambu untuk tempat rambatnnya.

Selain tanaman hias, katanya dari berbagai sumber, Cissus Javana ini sebagai obat herbal untuk sakit Asma, Sakit Perut dan juga Bengkak. 

“Saya tahu dari yang membeli, ada yang bilang sebagai tanaman obat juga. Katanya untuk obat sakit perut, dan bengkak, dan anak saya juga sercing di google untuk referensinya,” terangngnya.

Jika ada yang perlu bibitnya silahkan hubungi langsung dirinya. 

“Silahkan jika ada yang perlu hubungi langsung Kenomor Whatsap 0888 02798 756, 0858 8244 0068, 0858 8244 0069. Untuk sementara ini saya belum jualan lewat toko online, jadi silahkan aja datang langsung atau Kontak Whatsapp,”  imbuhnya.

Hobi tanaman Cissis Javana tapi tidak adak waktu untuk nyari kehutan-hutan,  Ade Pete meyediakan bibitnya dengan harga yang sangat terjangkau.
ARS. 

Bagikan