Perjuangkan Nelayan Tradisional DPD PNTI Sukabumi Bangun Kantor Bersama di Desa Loji Kecamatan Simpenan

Terkini.id, Sukabumi – Perjuangan Nelayan Tradisional dalam wadah Organisasi PNTI (Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia) DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Sukabumi terus diwujudkan dalam segala aspek untuk turut serta memproleh keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia khusunya bagi para Nelayan Tradisonal Indonesi Daerah Sukabumi.

Dalam acara pelaksanakan peletakan batu pertama yang di gelar di wilayah Desa Loji  Kecamatan Simpenan Sukabumi adalah sebagai wujud awal dalam keseriusan DPD PNTI Sukabumi dalam memperjuangkan Nelayan Tradisional Indonesia Daerah Sukabumi. 

“Ini adalah awal dimulainya pembangunan gedung Sekretariat Persatuan Nelayan Traditsonal Indonesia (PNTI) DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Kabupaten Sukabumi sebagai bentuk keseriusan kami,” kata Asep Herman S, selaku Ketua DPD PNTI Sukabumi   dalam acara pelatakan batu pertama di Desa Loji Kecamatan Simpenan, Kamis 24 Desember 2020.

Baca Juga: Ki Paku Buana Pamungkas Pendiri Persatuan Indonesia Nuswantara Beri Dukungan...

Kegiatan acara tersebut juga langsung dihadiri ketua DPD  PNTI Sukabumi Asep Herman S, dan juga beserta jajaran pengurus dan anggota PNTI DPD Kabupaten Sukabumi serta para awak media. 

Peletakan Batu Pertama

Dengan pembacaan do’a dan penyampaian laporan perkembangan kegiatan DPD PNTI Sukabumi oleh Asep Herman S, acara tersebut resmi dibuka. 

Baca Juga: Provinsi Banten, Somantri: Siap Ikut Berkiprah Di Mata Sosial Indonesia...

Asep pun menjelaskan dalam sambutannya, kenapa alasan DPD PNTI  Kabupaten Sukabumi mendirikan Sekretariat di Desa Loji Kecamatan Simpenan sebagai rumah bersama para nelayan tradisional?. Menueutnya karena dinilai sangat strategis tidak jauh dari bibir pantai.

“Bahwa Desa Loji merupakan Desa yang Streategis, dari posisinya yang ada di wilayah sepanjang pantai merupakan tempat strategis untuk didirikannya sekretariat PNTI,” ungkapnya.

Asep juga menambahkan penjelasannya bahwa disini akan dibangun sekretariat DPD PNTI Sukanumi diatas luas lahan 300 meter. 

Baca Juga: Koramil 0622-06/Parakansalak Cegah Covid-19 Dengan Prokes dan Vaksin

“Posisinya di sini sangat cocok, karena berada dipesisir pantai, tepatnya ±50 meter dari bibir pantai,” terangnya. 

Lanjut Dia, hal ini bisa diharapakn untuk memaksimalkan peran serta kita sebagai lembaga yang ingin membantu untuk kegiatan nelayan tradisional.

Bahkan drinya pun membeberkan bahwa dirinya selaku ketua DPD PNTI Kabupaten Sukabumi sangat berharap adanya perhatian dari berbagai pihak.

“Kami berharap suport dan perhatian dari berbagai pihak, terutama dari pemerintah untuk senantiasa bisa lebih memperhatikan kiprah dan kesejahteraan para nelayan tradisonal,” harapnya. 

Pihaknya, atas nama PNTI Sukabumi akan selalu bersinergi dan bekerjasama untuk sama-sama memajukan dan mengangkat potensi daerah dengan berbagai elemen warga masyarakat untuk mencapai kesejahteraan bersama. 

“Kami atas nama Nelayan sangat berharap adanya perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, terutama dari pemerintah  untuk lebih bisa memperhatikan nasib dan kesejahteraan para nelayan yang hari ini dirasa masih jauh dari kata sejahtera” harapnya lagi.

Ketika disinggung soal sumber anggaran terkait dana untuk pembangunan sekretariat PNTI DPD Sukabumi Asep menjelaskan, bahwa dana tersebut yang sumbernya dari anggaran dana swadaya anggota dan sumbangan donatur yang sifatnya tidak mengikat.

“Dana tersebut yang sumber dari anggaran dana swadaya anggota dan sumbangan donatur yang sifatnya tidak mengikat,” terangnya. 

Untuk kedepannya, selain disini, pihak PNTI DPD Sukabumi berencana akan membangun gedung sekretariat di beberapa tempat yang berbeda kedepannya diantaranya Cibanban Kecamatan Cisolok.

“Ini sekretariat pertama yang kita bangun di Desa Loji, kedepannya nanti akan kita bangun juga ditempat lain, yang dimana sumber anggarannya berasal dari swadaya anggota dan sumbangan dari donatur yang sifatnya tidak mengikat,” bebernya lagi. 

Masih dalam kesempatan dan ditempat yang sama, Dewan pembina DPD PNTI Kabupaten Sukabumi, Drs. Zaenal Abidin, MM., menjelaskan bahwa harapan dan motivasi DPD PNTI Kabupaten Sukabumi adalah untuk bisa membantu para nelayan tradisonal untuk mendapatkan kesejahteraan dan penghidupan yang lebih baik.

“Harapan kami segenap Jajaran pengurus dan anggota DPD PNTI Kabupaten Sukabumi bisa lebih memaksimalkan peran sertanya dalam hal mengayomi dan memfasilitasi kepentingan nelayan tradisional untuk mendapatkan penghidupan dan kesejahteraan yang lebih baik,” harap Zaenal sebagai dewan pembina DPD PNTI Sukabumi.

Dalam kegiatan acara tersebut juga tetap menjalankan Prokes (Protokol Kesehatan) dan diakhiri dengan ditutup Do’a dan dilajut dengan acara syukuran dan ramah tamah bersama keluarga besar PNTI Kabupaten Sukabumi di pinggir pantai. 
ARS. 

Bagikan