Pemdes dan PKM Girijaya Percepat Program (ODF) Stop BAB Sembarangan
Komentar

Pemdes dan PKM Girijaya Percepat Program (ODF) Stop BAB Sembarangan

Komentar

Terkini.id, Sukabumi- Pemerintah Desa (PEMDES) Girijaya gelar Rapat Koordinasi Percepatan ODF( Open Defecation Free) dalam rangka desa terbebas dari buang air sembarangan, Jum’at 26 Maret 2021.

Kegiatan ODF di gelar di Aula Desa Girijaya, Kecamatan Nagrak, Kabupaten, Sukabumi, dihadiri oleh Kepala Desa Girijaya, Ujang Sihab, Kepala Puskesmas Girijaya, Maman Suparman, Ketua MUI Desa Girijaya, Ust Maksum, Ketua LPM, BPD, Ketua TP PKK Girijaya berserta kader PKK,  Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tokoh Masyarakat.

Pemdes dan PKM Girijaya Percepat Program (ODF) Stop BAB Sembarangan
Sesi Foto Bersama

Kepela Desa Girijaya Ujang Sihab mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan Peraturan Bupati Sukabumi nomor 01 tahun 2021. Tentang Program Stop Buang Air Sembarangan (ODF).

“Wujudkan Desa Girijaya sebagai desa yang terbebas dari kebiasaan buang air besar sembarangan melalui peran serta seluruh elemen masyarakat sebagai wujud upaya mendukung program percepatan ODF,” kata Ujang Sihab.

Selain itu, kata dia, sebagai bentuk kesepakatan bersama seluruh elemen masyarakat, maka dalam kegiatan tersebut juga dibubuhi dengan Penandatangan pakta integritas oleh semua pihak.

Baca Juga

“Kita berharap, kegiatan ODF ini bisa segera direalisasikan di wilayah desa Girijaya. Dengan kebersamaan hal ini bisa terwujud,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Girijaya, Maman Suparman Mengatakan, kegiatan ODF sangat berguna meningkatkan kualitas dan mutu kesehatan masyarakat di empat desa di bawah naungan UPTD Puskesmas Girijaya.

“Kami akan membentuk Satuan Tugas ODF di setiap desa, minimal satu desa satu jamban sehat dalam waktu ini,” kata Maman.

Mudah-mudahan semua masyarakat paham akan tujuan dari kegiatan ini, dan tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan, tambahnya.

“Kita berharap desa ini, bisa meraih predikat Wistara Juara ODF Bisa di tahun 2021 ini,” pungkasnya.