Barista Manual Brew Competition Datang Dari Berbagai Daerah, Siapakah Juara Satunya?

Terkini.id, Sukabumi – Tak dari Sukabumi. Bandung, Bogor dan Depok juga mengikuti kompetisi membuat kopi yang di selenggarakan oleh Kedai Kopi Rutinitas bekerjasama dengan Sukabumi Ngopi bertajuk Barista Manual Brew Competition di Jalan Ciaul, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Sabtu 10 April 2021.

Mereka mengikuti kompetisi membuat kopi dengan aneka rasa dan aroma yang khas tentunya. 

Imam Nurhidayat mangatakan, bahwa kompetisi membuat kopi tersebut dilakukan dengan metode manual brewing. 

Baca Juga: H. Iyos Somantri Monev Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Utara Kabupaten...

Selain itu, masih kata Dia, juga disajikan dua alat membuat kopi, yakni metode Aeropress dan V60. Serta Manual brewing merupakan salah satu cara menyajikan kopi yang diseduh dengan cara manual tanpa menggunakan sentuhan teknologi atau mesin. 

“Kita dari kedai kopi Rutinitas berkolaborasi dengan coffe shop yang berada di Sukabumi seperti. Analog, Seecul, Masi Sama Coffee, Kopi Cat, Bumi Kopi, Red Canon, Sunda Coffee, Sukabumi Ngopi, dengan peserta nya datang dari luar daerah termasuk di Sukabumi,” kata Ketua pelaksana Barista Manual Brew Competition, Imam Nurhidayat seperti dikutip dari Kabarsukabumi.com.

Baca Juga: Jaro Aung Resmi Dilantik Jadi Ketua DPD Parade Nusantara: Kita...

Standar juri untuk menilai hasil kreasi mereka adalah racikan yang meliputi aroma kopi, aftertaste, balance, hingga flavor untuk menetukan pemenangnya. 

“Dalam kegiatan ini hasilnya. Untuk juara 1 di raih oleh Kang Jwan dari Bandung, Juara 2 Regy Anggara Bandung dan Juara 3 Bakti Batinova Sukabumi,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Head Judges, Dede Rizal, mengatakan. Bahwa acara tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kualitas sumberdaya manusia di sektor industri kopi Barista di Indonesia, terlebih khusunya di Sukabumi yang kita cintai ini. 

Baca Juga: Peduli dan Berbagi, Hj. Yani Jatnika Marwan Janji Akan Bantu...

“Kegiatan ini juga bertujuan memberikan stimulus kepada para Barista, Khususnya Sukabumi. agar terus mampu bersaing dengan kota kota lain,” Jelas Dede. 

Jika acara seperti ini terus dilakukan berturut-turut, masih menurut Dede, tidak menutup kemungkinan kejuaraan kopi baik skala Jawa Barat, seperti Lakkon Bandung Brewers Cup (BBrC) maupun Kejuaraan Nasional seperti Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC) akan di raih oleh putra putri Sukabumi.

“Apalagi berdasarkan sejarah sejak dulu sukabumi menjadi salah satu wilayah perkebunan terbesar dan pertama di Nusantara,” pungkasnya.

Dirinya berharap,Pemerintah memperhatikan dan mendukung terhadap industri Kopi Sukabumi, baik di hulu seperti petani, Prosesor maupun hilir seperti Barista, Roaster, Coffeeshop.

Bagikan