Kades Apresiasi Warganya: Kita Wujudkan Cita-Cita Para Pendahulu Bangsa

Terkini.id, Sukabumi – Ditengah Moderinsasi dan perkembangan teknologi yang canggih, Perubahan kehidupan sosial pun semakin tergerus oleh dampak sosial kehidupan moderinsasi dan tepatnya di abad Milenial ini. 

Namun di balik itu semua, hikmah dan keistimewaan diraih oleh warga Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi dengan terus memeperkenalkan dan mempertahankan budaya luhur Nusantra ini, yaitu hidup penuh kebersamaan dan guyub juga selalu bergotongroyong.

“Alahamdulilah disini kita selalu jaga warisan budaya luhur para pendahulu kami, yaitu Gotongroyong dalam kebaikan dan kemanfaatan, salah satunya ada giat kerja bakti warga Rt 02, Rt 13 dan DKM Mesjid Al- Hidayah dalam rangka membersihkan lingkungan mesjid dan pengecatan,” ungkap Ramdan Rustarmono selaku Kepala Desa Cicareuh melalui sambungan Whatsappnya, Minggu 30 Mei 2021.

Baca Juga: Peringati Hari Menanam Pohon, HMPI Cabang Dinas Kehutanan Wilayah III...

Menurut Ramdan, bahwa kegiatan kerjabakti atau Gotongroyong itu rutin dilaksanakan di desanya dalam setiap minggunya di hari Sabtu dan Minggu atau waktu-waktu yang telah disepakati bersama. 

“Selain kegiatan di Masjid juga tadi ada giat kerjabakti atau Gotongroyong di Rw 04 dalam rangka memperbaiki madrasah. Giat bakti Rw 03 dalam rangka memperbaiki jalan lingkungkan,” jelasnya.

Baca Juga: Kapolsek Tegalbuleud Polres Sukabumi Iptu Deni Miharja Monitor dan Amankan...

Pihaknya sangat berterimakasih kepada warga masyarakat yang terus menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam merawat lingkungan di desanya. Dari warga oleh warga untuk warga. 

“Kami sebagai pemerintah Desa sangat bersyukur sekali dengan adanya kepedulian masyarakat khusunya dari setiap ke Rw-an terhadap menunjanganya proses pembangunan dengan tidak stabilnya keadaan keuangan akibat recofusing-recofusing. Tetapi masyarakat hari ini tidak menjadi hambatan untuk membangun walapun itu dengan swadaya,” ucapnya. 

Sambung dia, mudah-mudahan ini bisa memotivasi hal-hal yang lainnya dalam pembangunan Desa Cicareuh, karena kami dalam setiap momen di masyrakat selalu menegaskan dimana kita harus ingat sejarah.

Baca Juga: PGRI Palabuhanratu Laksanakan Upacara Puncak HUT PGRI Ke 76 dan...

Ramdan menyebutkan, Kata Bung Karno Presiden Pertama RI, Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu! Ya Mudah-mudahan melaui himbauan-himbauan akhirnya menyadari bahwa kita tidak harus menunggu diri atau menunggu bantuan, tetapi tanpa bantuan pun kita, asal ada keinginan untuk membangun InshaAllah bisa terwujud.

“Apa yang diharapkan ya mudah-mudahan di wilayah kami dengan selalu giatnya kerja bakti bisa menstimulan atau pun bisa menjadi perhatian pemerintah baik daerah maupun pusat suapaya bisa lebih memperhatikan lagi kegiatan masyarakat kami,” harapnya.

Lebih lanjut dirinya juga menjelaskan, dimana kegiatan masyarakat ini intinya seseuai dengan harapan dan cita-cita para pendahulu bangsa kita. Jadi, masyarakat mudah-mudahan bisa diberikan perhatian khusunya di bidang penganggaran. Mudah-mudahan yang dengan kolaborasinya bantuan dari pemerintah dan swadaya masyarakat maka pembangunan di Desa Cicareh bisa tercapai apa yang menjadi target dari setiap bidang pembangunan baik itu infrastruktur sosial budaya maupun pendidikan. Kita wujudkan cita-cita para pendahulu Bangsa,” pungkasnya. 

Bagikan