Nasi Liwet Bikin Ketagihan, Begini Cara Buatnya Versi Dwi Warga Sukabumi

Terkini.id, Sukabumi – Nasi Liwet adalah nasi yang  di pasak langsung dari beras dan di campur air serta bumbu, aroma khas nasi liwet sangat menggoda.

“Beras di cuci sampai bersih, lalu masukan kedalam wajan/Kastrol tempat ngeliwet, kasih air secukup,” kata Dwi warga Kabupaten Sukabumi ini, Minggu 30 Mei 2021.

Selain itu, masih kata Dwi, siapkan bumbu 3 batang cabe merah, 1 batang pohon sereh, dua lembar daun salam, dan tambah irisan bawang merah, putih, tomat, serta mentega atau margarin. Ditambah dengan bahan-bahan  sambel ditumpangin di atas nasi liwet ketika sudah mau matang nasi liwetnya. 

Baca Juga: Koramil 0622-06/Parakansalak Terus Jaga Keselamatan dan Kesehatan Warga dari Wabah...

“Bumbu nasi liwet bisa di ulek juga atau di iris sesuai selera. Masukan dan campuran bumbu tadi kedalam beras yang sudah di isi air secukupnya, lalu aduk bumbu tersebut dengan berasnya dan juga kasih garam secukupnya. Untuk sambel sesuau selera bisa di kukus diatas nasi liwet atau di goreng atau bahkan sambal mentah,” bebernya.

Dalam mengolah nasi liwet ini, dirinya menyarankan ketika memasak apinya jangan terlalu besar.

Suara. Com/ist

Baca Juga: Koramil 0622-04/Cikidang Gebyar Vaksin Dari Wali Murid Hingga Ke Pelajar...

“Perlu diperhatikan, saat memasak apinya jangan terlalu besar, kecil aja, agar matangnya merata dan aromanya sedap. Ini yang bikin kita ketagihan saat menyantap Nasi Liwet. Pokonya cobain deh masak dirumah, Nasi Liwet bikin ketagihan,” jelasnya.

Tak sampai disitu, dirinya juga menyarankan makan nasi liwet lebih enak bareng-baremg sama tetangga atau sanak family.

“Lalaban dan ikan asin, tempe, tahu dan juga sambal bikin komplit ‘berpetualang’ merasakan sensasinya nasi liwet. Penasaran  silahkan berkreasi di rumah masak nasi liwet, yakin deh bisa menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, kebersamaan itu indah,” pungkasnya.

Bagikan