Desa Cikiray Cikidang Majukan Warga Bersama Itenas

Terkini,idSukabumi – Desa Cikiray Kecamatan Cikidang terus berupaya dalam memajukan dan membekali warga masyarakat dengan berbagai keahlian profesi diantaranya dengan melaksanakan kegiatan tehnik pengelasan dan pengolahan sampah.

Program tesebut didukung oleh tim akademisi dari LPPM ITENAS Program Studi Teknik Mesin. Dengan melakukan pelatihan pembekalan pekerjaan pengelasan dan pengolahan sampah kepada pemuda Karang Taruna.

Baca Juga: Koramil 0622-06/Parakansalak Terus Jaga Keselamatan dan Kesehatan Warga dari Wabah...

Kades Cikiray, Komarudin dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya dengan adanya program ini dari Itenas. 

“Alhamdulilah pada hari ini kita kedatangan Tim ITENAS dari Bandung untuk melakukan pelatihan diharapkan para pemuda Karang Taruna betul-betul memperhatikan dan menyerap ilmu yang disampaikan oleh para dosen dan para ahli dalam bidang tehnik pengelasan serta pengolahan sampah,” ucapnya, Jum’at 13 Agustus 2021.

Baca Juga: Untuk Berik Rasa Aman dan Nyaman, Koramil 0622-13/Jampangkulon Laksankan Giat...

Masih kata Komarudin, saat di wawancari selesai acara, dirinya menyampaikan bahwa desanya menerima program dari Itenas yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam program kerja seperti pompa hidrolik, pelatihan pengembangan SDM dalam bidang tehnik pengelasan dan pengolahan sampah. 

Komarudin juga berharap kepada para pemuda atau warganya yang ikut pelatihan ini agar muncul jago jago atau ahli ngelas dari desanya. 

“Muncul jago-kago ngelas dari desa kami,” harapnya. 

Baca Juga: Relawan Ojol Nusantara Keliling Indonesia, Ini Rute Perjalanannya

Masih ditempat yang sama, perwakilan dari Itenas, Irwan selaku dosen Itenas dari jurisan tehnik mesin menyampaikan bahwa program kami itu ada tiga diantaranya pendidikan, penelitian, pengabdian kepada warga masyarakat. 

Masih menurutnya, bahwa program pengabdian warga masyarakat inilah yang bekerjasama dengan Desa Cikiray. 

Dirinya berharap bawa pihaknya bisa terus bekerjasama dengan Desa Cikiray dalam program pengabdian kepada warga masyarakat.

Dari tiga program yang dijalankan di Desa Cikaray tersebut seperti pompa hidrolik untuk air dan teknik mengelas serta pengolahan sampai yang ikut hadir pul juga akan mendapatkan sertifikasi kompetensi. 

“Yang hadir pul akan dapat sertifikat,” pungkasnya. 

Bagikan