Bahagiakan Petani dengan Irigasi Baru, Kades Karang Papak: Terimakasih Bupati dan PU
Komentar

Bahagiakan Petani dengan Irigasi Baru, Kades Karang Papak: Terimakasih Bupati dan PU

Komentar

Terkini.id, Sukabumi – Bahagiankan Petani dengan Irigasi, Kepala Desa Karang Papak mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sukabumi dan PU Kabupaten Sukabumi atas terealisasinya irigasi dan pintu Air di Kampung Cimarinjung Kecamatan Cisolok.

Dengan adannya P3TGAI adalah satu program infrastruktur berbasis masyarakat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) irigasi di desanya jadi lebih baik. 

“Inilah komitmen yang selalu dibangun P3TGAI melalui sejumlah P3A Mitra Cai,” Ungkap Agus supriatna selaku Kepala Desa Karangpapak, Selasa 24 Agustus 2021.

Lanjutnya, P3A Mitra Cai merupakan salah satu bentuk perkumpulan petani dengan kegiatan yang dikhususkan pada pengelolaan dan pembagian air irigasi.

Seperti yang telah di laksanakan di Desa Karang Papak Kecamatan Cisolok untuk daerah irigasi  Cimarinjung dengan anggaran SKPD Dinas PU TA 2021 senilai total Rp.185.797.000.

Baca Juga

Agus supriatna pun mengungkapkan terimakasih kepada Bupati Sukabumi Drs .Marwan Hamami, MM dan Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep japar.

“Terimakasih Bupati Dan PU, sehingga irigasi yang sudah lama kami ajukan Alhamdulilah di tahun 2021 ini bisa terealisasi dan pengerjaannya pun bagus sehingga saat ini air sungai ke hilir bisa lancar,” ungkapnya. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan terkait penerima manfaat yang sebagian besar adalah lahan pertanian dan sisanya masyarakat secara umum. 

“Dengan adanya pintu air tersebut dapat menahan debit air yang berlebihan sehingga tidak melimpah ke jalan-jalan yang menyebab kan rusak nya jalan desa,” Imbuhnya. 

Saat dijumpai penerima manfaat yang juga kelompok tani yaitu Dede supratman di Cimarinjung hilir sebagai Ketua Poktan Banyu Lestari bahwa irigasi tersebut mengairi puluhan hektar sawah. 

Di tempat Lokasi pengerjaan Rt 01 RW 01 Dede supratman mengatakan sangat terbantu dengan adanya pembangunan irigasi dan pintu air tersebut. 

“Karena selama ini jika debit air yang tinggi akan menyebabkan rusaknya jalan dan galangan-galangan pertanian, karena tidak terbendungnya debit air tersebut. Sekarang pasti aman setelah ini dibangun,” terangnya. 

Dikatakannya pula, irigasi yang mengairi 90 hektar lahan pertanian, termasuk kolam dan lain sebagainya dengan 3 kelompok tani tersebut bahwa pemabngunan irigasi tersebut benar-benar bermanfaat.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih Kepada Bupati Sukabumi, Dinas PU dan CV Mekar Raya Sejati sebagai pelaksananya.

“Dalam pelaksanaan pekerjaannya di akui warga sangat memuaskan,” pungkasnya. 

Bahagiakan Petani dengan Irigasi Baru, Kades Karang Papak: Terimakasih Bupati dan PU