Dinas PU Pelaksana Kebijakan Infrastruktur, Ratusan Hektar Sawah di Kecamatan Cicantayan Terairi

Terkini.id,Jawa Barat. Sukabumi – Ada kurang lebih 100 Hektar sawah di Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi     terairi dengan dibangunnya sarana irigasi. 

Sarana irigasi tersebut selesai dibangun oleh  Dinas PU Kabupaten Sukabumi, yang mana manfaatnya akan mengairi sawah di sekitar Kecamatan Cicantayan Cisande tersebut. 

Selain parawisata, Kabupaten Sukabumi juga terus meningkatkan sektor pertanian.

Baca Juga: H. Iyos Somantri Monev Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Utara Kabupaten...

Maka, kebutuhan air atau sarana irigasi akan meningkat untuk terus di bangun dengan bertahap. 

Hal ini juga merupakan kebutuhan yang vital dimana air adalah adalah faktor utama dalam menjakankan aktivitas dan meningkatkan produktivitas pertanian. 

Baca Juga: Jaro Aung Resmi Dilantik Jadi Ketua DPD Parade Nusantara: Kita...

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami sesuai misinya dalam pertanian, merevitalisasi pertanian untuk kesejahteraan masyarakat petani.

Dengan saluran atau fasilitas sarana perairan atau irigasi,  maka melalui irigasi tersebut air didistribusikan dan dikelola secara baik dan proporsional.

Sustainable Agriculture merupakan Irigasi yamg memadai berbanding lurus dengan agenda pertanian berkelanjutan.

Baca Juga: Peduli dan Berbagi, Hj. Yani Jatnika Marwan Janji Akan Bantu...

Secara sederhana bisa diartikan sebagai upaya meningkatkan dan meneruskan kemampuan produktif sumber daya pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan. 

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengatakan bahwa infrastruktur irigasi yang baik akan mendukung pola pertanian dengan produktivitas tinggi.

Sebelumnya, Asjap juga mengatakan bahwa Dinas PU sebagai pelaksana kebijakan dibidang infrastruktur berkomitmen untuk melakukan pengawasan terhadap kualitas pekerjaan. Hal itu supaya hasil pembangunan memberikan manfaat kepada masyarakat secara maksimal dan usia pakai yang lama.

Sejak tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Sukabumi sudah membangun komitmen mengenai Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) atau program pemerintah dibidang irigasi yang bertujuan  mencapai keberlanjutan sistem irigasi guna terwujudnya kedaulatan pangan.

“Pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilanjutkan, pembangunan irigasi dengan sistem yang tertata akan mendukung produktivitas dan pertanian berkelanjutan,” jelasnya, Senin 06 September 2021.

Sebagai contoh konkret, Asjap demikian panggilan akrab Kadis PU ini juga menjelaskan lagi bahwa irigasi yang baru rampung di Kampung Lembur sawah Cisande Cicantayan itu sebagai contoh konkret.

“Irigasi di Cisande ini mampu mengairi kurang lebih 100 Hektare Sawah yang ada di Kecamatan Cicantayan, dan itu sangat membantu petani, membantu kita juga yang tak bisa lepas dari hasil pertanian,” bebernya. 

Masih menurut Ajap, bahwa prioritas pembangunan sektor pertanian yang dicanangkan Bupati Sukabumi adalah langkah strategis dan tepat untuk Kabupaten Sukabumi yang memiliki tanah Subur.

“Swasembada pangan dimasa yang akan datang bukanlah hal mustahil jika semua bekerjasama mewujudkan pertanian berkelanjutan dan pertanian yang mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya.

Bagikan