Kadis PU Sukabumi Laksanakan Bimtek: Untuk Peningkatan Kemampuan Para Mitra Air
Komentar

Kadis PU Sukabumi Laksanakan Bimtek: Untuk Peningkatan Kemampuan Para Mitra Air

Komentar

Terkini.id, Sukabumi – Dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Perkumpulan Petani Pemakai Air ( P3A) di Selabintana Sukabumi, Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi mengatakan Bimtek dilakukan kepada 156 Orang Mitra Air guna meningkatkan kualitas pengaturan irigasi supaya lebih baik.

“Untuk meningkatkan kemampuan para Mitra Air dalam mengatur irigasi.” ungkapnya Selasa 22 Maret 2022.

Selain Mitra Air lanjut Asjap sapaan Asep Japar bahwa Bimtek tersebut juga dihadiri oleh kepala UPTD dan Kepala Bidang Dinas Pekerjaan Umum.

Menurut Asjap, hal terebut Agar semuanya bisa memahami dan  mengerjakan tugas dan Fungsi nya.

“Tentunya agar dapat memahami peran dan Fungsinya masing masing,” jelasnya.

Baca Juga

Acara tersebut juga dihadiri dan dibuka oleh Oleh Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri.

“Melalui bimtek ini diharapkan peserta  memahami tentang peran dan tanggung jawab P3A dalam pengelolaan jaringan irigasi terutama memahami pembagian peran serta dalam pengelolaan irigasi antara pemerintah dan masyarakat” jelasnya.

Penyediaan air irigasi bagi tanaman menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan, terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran aktip P3A.

Dimana petani diberi wewenang dan tanggung jawab pemeliharaan ditingkat usaha tani sebagaimana diatur 
dalam UU no 7/2004 tepatnya di pasal 41 yaitu bahwa Pemerintah berwenang dan bertanggung jawab mengembangkan irigasi Sekunder dan Primer  selanjutnya untuk pengembangan irigasi tersier menjadi hak dan tanggung jawab P3A.

Wakil Bupati berharap dengan adanya Bimtek ini manpaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dan menjadikan irigasi di Kab Sukabumi akan lebih baik dan hasil Produksi Pertanian akan meningkat.

Diakhir acara dilakukan Pemberian Akta Notaris bagi P3A yang diwakili oleh tiga orang peserta.