Ini Penjelasan Buku Jiwa Wirausaha di Era Milenial

Awan Setiawan

Sukabumi, Selasa 31 Mei 2022.

terkini.id, Sukabumi – Yang pertama. Sekarang ini kan oleh pemerintah sedang digelontorkan program beasiswa kepada masyarakat. 

Baca Juga: Jalan Jajaway yang Ambals Diperbaiki PU dan Polres Sukabumi Jelang...

Berarti  kesempatan bagi kaum muda untuk meraih Pendidikan yang lebih tinggi kerannya sudah diperbesar.   

Baca Juga: Ini Salah Satu Alasan Penolakan Terhadap RUU Omnibus Law Kesehatan...

Momen ini seharusnya memberikn dampak positip dalam meningkatkan perekonomian bangsa. setidaknya mampu menekan jumlah pengangguran yang terus meningkat. 

Dengan bertambahnya  jumlah sarjana yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi harus bisa menambah lapangan kerja diberbagai bidang.   

Artinya para lulusan Perguruan Tinggi  harus menjadi job maker  bukan job seeker. 

Baca Juga: Ini Salah Satu Alasan Penolakan Terhadap RUU Omnibus Law Kesehatan...

Dan penulis meyakini buku Jiwa Kewirausahaan Generasi Melinial ini akan mampu menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa. seperti di lansir dari Kompasasia.com.

Yang Kedua. Kita semua baru saja mengalami tempaan hidup demikian berat.  

Begitu dahsyatnya gelombang stunami covid memporak porandakan hampir semua sektor kehidupan termasuk dunia usaha, dan sekarang terjadi pola kehidupan baru (new normal).  

Artinya muncul kesempatan baru, peluang baru. 

Dan  ini  hrs ditangkap oleh anak2 bangsa atau putra-putra daerah berbasis kearifan lokal. 

Jangan sampai peluang emas ini dimanfaatkan orang lain atau bangsa lain, yang hanya menempatkan pribumi hanya menjadi pelaku teknis . 

Para generasi milanial hrs bangkit mengembangkan pesona dirinya.  

Menjadi pelopor untuk mampu bersaing. Dan keluar sebagai pemenang.  

Dengan modal pengalaman di dunia industri penulis terpanggil untuk membagikan pengalaman tersebut kepada generasi bangsa yang dislogakan oleh bung Karno dengan kalimat; 

“Beri aku sepuluh pemuda, akan ku guncang dunia”. 

Kewirausahaan itu apa sesungguhnya? 

Kewirausahaan itu berasal dari kata wira usaha. 

Wira artinya manusia unggul, berbudi Luhur, sebagai tauladan, memiliki keberanian untuk bertindak,  dan Usaha artinya berbuat sesuatu, melaksanakan kegiatan atau aktipitas untuk memperoleh hasil.

Wira usaha artinya. Berbuat melakukan kegiatan atau berusaha dengan cara yg unggul, berani dan tangkas, sehingga menghasilkan nilai yang tinggi.

Kemudian mendapat awalan ke dan akhiran an. Berubah menjadi kata sifat.  

Jiwa wira usaha, yakni Memiliki jiwa atau prilaku yg mulia, kuat, berani, cerdas dalam kemasan semangat berusaha yang tinggi.
 
Seseorang yang berjiwa wirausaha akan membuat langkah kehidupannya produktif,  berorientasi pada keuntungan,  berwawasan mutu (quality first), Selalu memperbaiki diri (Continual Improvement) dan tentunya ingin memberi yang terbaik kepada orang lain (customer satisfaction). 

Apa isi buku ini?

Buku jiwa wirausaha generasi milenial ini berisikan berbagai teori, prinsip dan konsep tentang kewirausahaan yang disesuaikan dengan aplikasi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis.   

Diawali dengan penjelasan mengenai  hakekat kewirausahaan, seperti pengertian, sifat, dan manfaat. 

Kemudian di Bab 2 penulis ingin menekankan pentingnya Pendidikan Kewirausahaan diberikan sejak dini. 

Dan selanjutnya  dibahas tentang Perkembangan Kewirausahaan di Indonesia, sekedar untuk memberikan gambaran tentang dunia usaha di masa lalu, dan perkembangannya hingga saat ini.

Khususnya dengan munculnya revolusi industri 4,0, Digital society 5,0 dan gelombang pandemi yang baru saja terjadi.

Membangun jiwa wira usaha di kalangan generasi muda harus didorong dengan usaha menumbuhkan semangat kerja, disiplin kerja dan membangun kebiasaan mulia. Hal ini dijelaskan di Bab 4.
 
Kemudian di posisi sentral penulis menempatkan konsep manajemen dan kepemimpinan dalam kewirausahaan sebagai kunci sukses utk  mengembangkan usaha. 

Dipadukan dengan langkah-langkah perencanaan di Bab 6 dengan tujuan memberi motivasi kepada calon pengusaha  pemula dalam menyusun perencanaan  secara matang dan strategis. 

Bab selanjutnya dijelaskan tentang Kreatifitas dan perkembangan ekonomi kreatif yang sedang TREND memberi peluang baru bagi calon pengusaha pemula paska pandemi covid 19. 
 
Dalam setiap manajemen, fungsi serta adalah mengedarkan darah semangat ke semua sendi produktip bisnis. 

Hal ini diperankan oleh kemampuan berkomunikasi. Seluruh distribusi fungsi terkoneksi oleh efektifitas komunikasi. 

Di Bab 8  dikupas secara tuntas bagaimana cara berkomunikasi wira usaha yang efektif agar seluruh jaringan berfungsi optimal. 

Di akhir buku ini diberikan konsep membangun kemampuan berkompetisi dan ditutup dengan penjelasan tentang kiat-kiat untuk mengendalikan resiko dalam berwirausaha.

Mengapa buku ini harus dibaca?

Karena buku ini selain memberi pemahaman tentang teori dan konsep unggul kewirausahaan, juga akan menumbuhkan minat untuk berani mengembangkang kegiatan wirausaha dengan menyusun perencanaan yang baik. 

Dengan membaca buku ini akan membuat seseorang mengalami proses transformasi dari pola berfikir reguler menuju profesional.  

Sebab materinya sudah diintegrasikan pada kebutuhan strategis dalam meraih sukses, sementara contoh-contoh yang disajikan dikemas dengan tujuan untuk memberikan inspirasi dan menumbuhkan keyakinan kepada pembaca dalam mengembangkan potensi dirinya dengan baik. 

Dan perlu diketahui bahwa buku ini juga sudah diterbitkan di Negara Jiran Malaysia.

Maka dengan kerendahan hati saya menghimbau kepada genesi produksif bangsa untuk senantiasa membaca dan memahami Jiwa Wira Usaha Generasi Milenial ini hingga tumbuh jiwa wirausaha didalam hatimu.

Bagikan