Bencana Alam di Cileutik, Dinas PU Turunkan Dua Alat Berat Bantu Evakuasi

Komentar

Terkini.id, Sukabumi – Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Kabupaten Sukabumi menurunkan dua alat berat jenis ekskavator untuk mengeruk material longsor yang menutup jalan di Kampung Cileutik RT 02/01 Desa Pasir Datar Indah, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

Longsor yang menewaskan tiga warga ini terjadi pada Senin sekira pukul 15.00 WIB, 24 Oktober 2022. Ketiga korban adalah kakek bernama Maman (60 tahun), nenek bernama Mumu (57 tahun), dan cucunya Bayu (7 tahun). Mereka tinggal satu rumah dan tewas tertimbun longsoran.

“Kita menurunkan dua alat berat. Tanah itu menutup jalan sekitar 30 meter dengan lebar jalan 3,5 meter,” kata Plt Kepala UPTD Alat Berat Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Selasa 25 Oktober 2022.

DPU memperkirakan pengerjaan pembukaan jalan ini akan memakan waktu dua hari. Kedua alat berat ini, satu di antaranya juga sempat diturunkan di wilayah Sagaranten untuk membuka jalan yang tertutup longsor, sedangkan satu lainnya didatangkan dari Palabuhanratu.

Menurut Plt Kepala UPTD Alat Berat Dinas PU , kedua alat berat itu diturunkan ke Kampung Cileutik RT 02/01 Desa Pasir Datar Indah atas instruksi Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi. “Kita tidak asal menurunkan alat berat, menunggu instruksi,” katanya.

Baca Juga

Tanah yang dikeruk alat berat tersebut kemudian diangkut menggunakan dua truk untuk dibuang ke tanah kosong yang berjarak sekitar 500 meter dari titik longsor.