Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2023, Kapolres Ngada: Keselamatan yang Pertama dan Utama
Komentar

Gelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2023, Kapolres Ngada: Keselamatan yang Pertama dan Utama

Komentar

Terkini.id, Sukabumi, NgadaPolres Ngada bersama Instansi terkait, melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Turangga 2023, bertempat dilapangan Apel Polres Ngada, Selasa 07 Februari 2023.

Personil Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2023, diwilayah Kabupaten Ngada terdiri dari Personil Kodim 1625/Ngada, Personil Polres Ngada, Dinas Perhubungan Kabupaten Ngada, Jasa Raharja Kabupaten Ngada

Kapolres Ngada AKBP Padmo Arianto, S.I.K selaku Inspektur Apel Gelar Pasukan membacakan amanat Kapolda NTT Inspektur Jenderal Polisi Drs. Johni Asadoma, M.Hum

Dalam amanatnya Kapolda NTT menyatakan, permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan
dinamis.

Hal ini sebagai konsekuensi dari
meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital, di mana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone, modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polantas.

Sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kita diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan, keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.

Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting, hal itu dapat ditunjukkan dari pengguna lalu lintas, kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.

Data jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda NTT berdasarkan aplikasi IRSMS (integrated road safety management system) yang dikelola ditlantas Polda NTT, terjadi kenaikan pada tahun 2022 sebanyak 11 Persen dibandingkan tahun 2021.