Kapus Palabuhanratu: 61 Orang Wisatawan Negatif Rapid Antigen

Terkini.id, Sukabumi – Kegiatan Antisapasi Penyebaran penularan wabah virus Corona atau Pandemi Covid-19 menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 menuju 2021 yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember 2020 sampai 03 Januari 2021 yang berlokasi  di Balai Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu, Kamis 31 Desember 2020.

Menurut Kepala Puskesmas Palabuhanratu dari tanggal 23 Desember sampai saat ini 31 Desember 2020 tidak ada pengunjung yang fositif reaktif. 

“Sudah hampir 61 an orang yang terjaring rapid tes Antigen semua hasilnya negatif”, ungkap Irwan Ruswandi selaku Kepala Puskesmas Palabuhanratu.

Baca Juga: Tips Sederhana Jaga Kesehatan di Musim Hujan Ala Dwi dari...

Irwan juga menjelaskan lebih lanjut, bahwa jika ada yang hasil rapid tes Antigennya reaktif, kami langsung tidak izinkan untuk masuk wilayah Palabuhanratu atau Sukabumi ini.

“Kalau sampai kedapan ada yang reaktif pasti kami langsung  perintahkan  suruh putar balik,  disini kan ada dari koramil,  polsek, BPBD, dan pihak terkait lainnya, kami langsung arahkan untuk putar balik jika kedapatan yang reaktif”, jelasnya.

Baca Juga: Iptu Bri Catur Budiono Ingatkan Wisatawan Untuk Taat Prokes

Masih kata Irwan,  pihaknya ambil sample randem dari pengunjung, jika tidak membawa surat keterangan sehat dari tempat asalnya, kami langsung bawa ke posko dan lakukan Rapid Tes Antigen.

“Alhamdulillah untuk wilayah Kerja Puskesmas Palabuhanratu ini dari hasil sampling randem sebanyak 61an pengunjung semua hasilnya negatif”, bebernya. 

Rapidtes Antigen

Akan tetapi. Masih kata Irwan, walaupu hasilnya negatif, para pengunjung yang masuk Palabuahanratu harus tetap menjalankan prosedur protokol kesehatan dengan ketat. 

Baca Juga: Ki Paku Buana Pamungkas Pendiri Persatuan Indonesia Nuswantara Beri Dukungan...

“Walau pun mereka hasinya negatif, tapi tetap saat berkenjung ke Palabuharatu ini harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik dan benar”, tegasnya.

Irwan pun berharap, untuk percepatan pencegahan penyebaran penularan wabah virus Corona atau Pandemi Covid-19 ini adalah dengan terus meningkatkan kesadaran warga masyarakat akan disiplin dan pentingnya menjalankan protokol kesehatan Covid-19 untuk keselamatan kita semua. 

“Makin tinggi tingkat kesadarannya untuk menjalankam protokol kesehatan Covid-19 makin cepat kita dalam upaya percepatan penanggulangan pencegahan penyebaran virus Corona atau Pandemi Covid-19 tersebut,” harapnya.

Selain itu, irwan juga berharap bahwa team Puskesmas Palabuhanratu, BPBD, Polsek Palabuhanratu, Koramil Palabuhanratu dan pihak terkait lainnya dalam melaksanakan tugas ini selalu diberikan kesehatan dan keselamatan, karena menurutnya kami ini yang paling depan bersentuhan dengan Virus Corona atau Pandemi Covid-19 tersebut.

“Mohon do’anya juga dari berbagai pihak agar kami dilapangan selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja, biar kami di lapangan saudara-saudara kita di rumah saja dan jika beraktivitas di luar rumah harap jalankan protoko kesehatan, memakai masker, mencuci tangan menjaga Jarak. Itu semua penting untuk kebaikan dan keselamatan bersama,” harapnya lagi. 

Dalam menyambut pergantian tahun baru ini Irwan mengingatkan warga masyarakat Palabuhanratu agar tidak menjalankan aktivitas yang berlebihan, sesuai Himbauan Pemerintah, untuk menghindari kerumanan dan penyebaran penularan wabah virus Corona atau Pandemi Covid-19 tersebut lebih baik dirumah saja dalam menyambut pergantian tahun baru ini.

“Pergantian Tahun Baru ini, lebih baik kita dirumah saja sama keluarga memingkatkan rasa bersyukur kita atas nikamat dan karunia yang telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikan. Semoga 2021 ini Pandemi Covid-19 ini berakhir dan kita bisa beraktivitas secara normal lagi”, pungkasnya.
ARS. 

 

Bagikan